Pages

Tips hidup sehat

 1. Makan diet dengan kandungan serat yang tinggi. Mulailah dengan mengganti semua karbohidrat buruk (dalam bahasa kesehatan LDL) dalam diet Anda dengan karbohidrat sehat yang baik. makanan sehat membutuhkan termasuk banyak sayuran berwarna (terutama hijau), buah, biji-bijian dan makanan serat tinggi lainnya dalam diet. Ini adalah langkah yang mungkin telah banyak kita dengar tentang tips hidup sehat.
2. Jadilah aktif secara fisik dengan masuk akal. Hidup sehat aktif berarti menggerakkan tubuh Anda sebanyak mungkin tanpa cedera. Anda dapat melakukan yang sederhana seperti berjalan kaki, atau olahraga sesederhana mungkin.
3. Minum banyak air mineral. Mulai menggantikan minuman lainnya dengan asupan air 8 gelas sehari. Air merupakan nutrisi penting untuk hidup sehat. Ini membantu anda mencerna makanan, menyerap nutrisi dan menghilangkan racun berbahaya.
4. Stop lemak buruk dan ganti dengan lemak baik. Jaga kalori lemak dalam diet anda sekitar 25% sampai 30% (rata-rata adalah 42%). Dan pastikan Anda memilih lemak baik terutama dengan asam lemak esensial dan omega 3 minyak ikan dengan EPA dan DHA.
5. Biasakan sikap positif dan optimis menjadi bagian dari tips hidup sehat. Sikap Anda adalah kekuatan penggerak hidup sehat. Dan menurut salah satu pakar, Abe Lincoln, “Kebanyakan orang hanya bahagia saat mereka membuat pikiran mereka menjadi bahagia.” Jadi membuat pikiran Anda untuk menjadi bahagia, sehat dan bersyukur untuk masa depan cerah di depan Anda.
6. Mempertahankan berat badan yang ideal. Fokus pada makanan sehat dan hidup aktif untuk menurunkan berat badan yang sehat permanen melalui manajemen yang anda programkan.
7. Ganti Kebiasaan buruk dengan kebiasaan baik. Merokok, kelebihan natrium, kafein, alkohol, berita buruk atau pikiran negative dapat menggagalkan gaya hidup sehat Anda. Jadi, mulailah mengganti yang buruk dengan yang baik.
8. Mengelola tidur serta stres dalam kehidupan Anda.
9. Menjalani kehidupan sosial yang sehat aktif. Studi menunjukkan orang sehat memiliki hubungan yang sehat yang mereka bersosialisasi dengan teratur untuk persahabatan, berbagi ide dan saling mendukung tips hidup sehat.

20 Tips Hidup Bahagia Setiap Hari

  1. Bangun pagi-pagi. Bangun lebih awal dan berjanjilah untuk merayakan hari ini dengan tidak menyia-nyiakannya sedetikpun. Lihat cahaya mentari yang menyingsing di ujung timur sana. Seperti itu juga semangat bersinar di dada anda.
  2. Nikmati makan. Jangan tergesa-gesa. Cobalah sekali ini gigit dan kunyah pelah-pelan makanan anda. Dari tiap kunyahannya, rasakan betapa enak rasanya. Nikmat sekali bukan?
  3. ACTION-kan niat anda. Punya niat sekian lama yang tak kunjung terlaksana? ACTION-kan sekarang! Mungkin anda hendak mengunjungi sanak saudara yang sudah lama tak bersua; atau mungkin sudah lama berniat ingin mengajak jalan-jalan keluarga, ACTION-kan sekarang.
  4. Belajar positive thinking. Kalau anda rasa terlalu banyak dibelenggu oleh pikiran negatif, mulai sekarang coba belajarlah ber-positive thinking. Perasaaan kalau anda tidak bisa atau sering bersikap menyalahkan misal, gantilah dengan sisi positif. Perbanyak isi pikiran dengan solusi, solusi dan solusi. Kuatkan dengan kata-kata motivasi.
  5. Waktu jatuh cinta. Ingat bagaimana rasanya waktu anda jatuh cinta pertama kali pada pasangan anda? Coba ingat dan rasakan kembali… anda pasti jadi senyum-senyum sendiri. :D
  6. Tenanglah. Kalau tiap harinya biasanya anda diburu waktu, cobalah hari ini anda rileks. Hirup napas dalam-dalam. Lakukan apa yang anda suka dengan santai, tanpa ada lagi yang dirasa mengejar-ngejar anda.
  7. Tatap wajah anak-anak anda. Meski mungkin sekarang mereka sudah gede, coba sempatkan tatap wajah mereka dalam-dalam. Ingat bagaimana waktu mereka kecil, waktu mereka cium tangan pamit berangkat sekolah, saat mereka bisa berjalan pertama kali, dan momen-momen bahagia lainnya. Pasti anda akan teramat bersyukur dapat melihat pertumbuhan anak-anak anda dari kecil sampai besar seperti sekarang ini.
  8. Berbagilah. Temui orang-orang yang tak seberuntung anda. Cobalah bicara dengan mereka. Cari tahu bagaimana kehidupan sehari-hari mereka. Serta berbagilah dengan mereka. Anda pasti akan sangat bersyukur dengan keadaan anda sekarang.
  9. Belajar hal baru. Punya waktu luang lumayan panjang? Cobalah cari kegiatan baru yang bisa menambah keahlian anda. Bukan buat gagah-gagahan atau apa, tapi sebab anda memang dianugerahi kemampuan untuk terus meningkatkan diri.
  10. Cium tangan orangtua anda. Ingat betapa besar pengorbanan orangtua anda selama ini. Sedari anda kecil sampai tumbuh dewasa seperti sekarang. Bersyukurlah memiliki orangtua yang mencurahkan segenap rasa cinta dan kasih sayangnya pada anda. Tidak ada yang memiliki cinta sebesar mereka pada anda.
  11. Temui orang yang lebih tua. Selain orangtua anda pastinya, temui juga orang-orang yang lebih tua dari anda seperti guru anda misal. Silaturahmi yang anda jalin pasti akan bermanfaat besar. Anda bisa belajar banyak dari mereka.
  12. Tertawalah. Ingat kapan terakhir kali anda tertawa? Mungkin gara-gara kesibukan anda yang luar biasa dahsyat, anda bahkan sampai tak sempat untuk tersenyum. Coba cari bacaan atau tontonan yang bisa melemaskan urat syaraf anda dan TERTAWALAH lepas. :D
  13. Lakukan yang anda suka. Apa hobi anda? Apa kesukaan anda? Ayo lakukan sekarang. Anda sudah lama tidak melakukannya kan?
  14. Istirahat cukup. Agar anda punya energi cukup untuk menjalani hari anda yang menyenangkan, istirahatlah yang cukup. Ketika waktu tidur tiba, bergegaslah tempat tidur.
  15. Sapa. Bersikaplah ramah. Sapa orang yang anda temui. Iringi dengan senyuman.
  16. Kenalan. Perluas lingkungan sosialiasi anda. Perbanyak  teman. Banyak teman, banyak rejeki!
  17. Senyumlah. Jangan malu-malu, senyumlah. Senyum membawa energi positif.
  18. Beri maaf. Beri maaf orang yang berbuat salah pada anda. Jangan buat hidup anda terbebani oleh dendam.
  19. Habis gelap pasti terang. Dalam hidup pasti ada hal-hal yang tak anda inginkan menghampiri kehidupan anda. Mungkin baru saja anda kehilangan pekerjaan anda, atau bisnis anda sedang suram, atau mungkin anda kehilangan orang terkasih. Belajarlah untuk menerimanya. Ini bagian dari hidup. Ikhlaskan. Selepas itu, kembali tegaklah berdiri. ACTION harus terus berlanjut!
  20. Doa. Panjatkan doa sepenuh hati. Segala macam ujian yang anda hadapi, serahkanlah pada-Nya. Tuhan tidak pernah tidur…

Kodomo no Hi

Hari ini, masyarakat Jepang memperingati Hari Anak atau Kodomo no Hi. Hari istimewa ini diperingati setiap tahun, mulai 5 Mei 1948. Karena kehadiran anak dianggap "berkat" oleh masyarakat Jepang, dan ada pemikiran bahwa seorang anak perlu mengungkapkan rasa syukur serta terima kasihnya secara khusus kepada orangtua, maka pemerintah Jepang memutuskan bahwa Hari Anak adalah hari libur resmi.

Tradisi/festival menarik berlangsung selama Hari Anak. Anak laki-laki akan memajang replika yoroi (pakaian kesatria zaman dulu) dan kabuto (helm samurai) sebagai lambang "kekuatan". Keluarga yang memiliki anak laki-laki juga akan memasang koinobori (hiasan berbentuk ikan koi) di depan rumah. Pada hiasan ikan yang paling besar, digambarkan tokoh anak laki-laki super kuat bernama Kintaro.
 

Makanan tradisional seperti kashiwamochi (sejenis kue beras), biasa disajikan saat perayaan Kodomo no Hi. Melalui hidangan ini, anak-anak memiliki kesempatan mengungkapkan rasa terima kasih kepada ayah dan ibu mereka.

Bagaimana dengan anak perempuan? Ternyata mereka sudah lebih dahulu merayakan tradisi Hari Anak pada 3 Maret. Dahulu, tanggal 5 bulan 5 adalah "Hari Anak Laki-laki". Biarpun pada masa modern ini tanggal 5 bulan 5 adalah "Hari Anak" (Laki-laki dan Perempuan), namun perayaan lebih cenderung untuk anak laki-laki.

Pada hari yang disebut Hina Matsuri itu, anak-anak perempuan di Jepang memajang seperangkat boneka festival (hina ningyou) di rumahnya. Satu set boneka terdiri dari boneka kaisar, permaisuri, dayang-dayang, dan pemusik istana. Tradisi ini berawal permainan boneka di kalangan putri bangsawan yang disebut hiina asobi (bermain boneka puteri).

Sebelum hari perayaan tiba, anak-anak membantu orangtua mengeluarkan boneka dari kotak penyimpanan untuk dipajang. Sehari sesudah perayaan, boneka harus segera disimpan karena dipercaya sudah menyerap roh-roh jahat dan nasib sial.

Hidangan istimewa untuk anak perempuan yang merayakan tradisi Hari Anak pada 3 Maret ini antara lain kue hishimochi, kue hikigiri, makanan ringan hina arare (terbuat dari beras ketan), sup bening, serta chirashizushi (sushi). Minumannya adalah sake putih (shirozake) dan sake manis (amazake).

Sumber:andriewongso

Tips : Mari Menjadi Malaikat

Mari kita melanjutkan tips sebelumnya :

Kali ini belilah koran di penjual koran sebanyak-banyaknya, kemudian silakan anda pergi ke sebuah warung makan, selesai makan tinggalkan koran-kora tersebut disana "Agar para pembeli rajin membaca"

Lakukan cara tersebut tiap kali anda ingin lakukan untuk menghindari sifat pamer, sombong, dll dan agar anda mendapatkan manfaat itu pada hati anda.  

Tips : Mari Menjadi Malaikat

Untuk menjadi Malaikat tidaklah susah sebenarnya kita hanya perlu melakukan beberapa hal saja, baik langsung saja jika anda ingin menjadi malaikat didunia ini coba anda lakukan cara berikut ini :

Kumpulkan uang pecahan 10rb-an sebanyak-banyaknya, dan pergilah berkeliling dengan jalan kaki, dan berikan uang 10rb-an tersebut kepada anak-anak kecil yang tidak anda kenal yang anda temui dijalan, dan katakan padanya "Buat jajan ya"

Lakukan cara tersebut tiap kali anda ingin lakukan untuk menghindari sifat pamer, sombong, dll dan agar anda mendapatkan manfaat itu pada hati anda.